Sabtu, 09 Agustus 2008

BANGKIT Karena KREATIF

by Y.S. Aji Soedarsono
9 Agustus 2008


Apakah anda sudah menonton film layar lebar AYAT-AYAT CINTA?
Kalau belum, sebaiknya anda coba mencari VCD atau DVD (yang asli) dan tontonlah. Pasti ada sesuatu yang menarik di sana.
Kalau sudah, berarti anda sudah menjadi bagian dari bangkitnya KREATIVITAS anak-anak bangsa INDONESIA.

Beberapa hari yang lalu (atau minggu yang lalu) di beberapa kota, tengah diadalah audisi untuk mencari para bintang layar lebar yang baru. Tentunya dengan sebuah tema khusus, yaitu untuk pembuatan film dengan judul KETIKA CINTA BERTASBIH.

Apa kaitan kedua hal tersebut di atas? Ahaa..! Bagi anda pecinta novel, anda langsung tahu, bahwa hubungan yang langsung terlihat adalah bahwa pengarang kedua novel itu adalah seorang yang membuat fenomena, yaitu HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. Ketika novel Ayat-ayat Cinta mulai diketahui telah mendapat perhatian begitu banyak pembaca, ada seorang HANUNG BRAMANTYO yang mengangkat menjadi cerita layar lebar. Dan, sangat SUKSES! Banyak fenomena lain yang muncul. Ada FAHRI, seorang cowok yang lugu tapi agak sombong, ada AISYA yang sangat ihlas dan tulus, dan ada MARIA yang dekat tapi tak nampak.

Yang jelas, banyak bintang "baru" yang menjadi sangat bersinar. Di samping itu, hanya dalam hitungan 4 minggu, film itu dapat menyedot lebih dari 2,4 juta orang! Sudah merupakan pemecahan rekor nasional.

Setelah munculnya film ini, para pemeran dan pendukungnya menjadi lebih TERKENAL, bahkan harus ikut nonton bareng dengan Presiden RI. Sebuah pencapaian yang jarang terjadi.

Ketika Cinta Bertasbih, ingin mengulangi sukses seperti novel dan film terdahulu. Kini, berbeda dengan sebelumnya, akan dicari calon bintang baru untuk memerankan tokoh-tokoh dalam cerita tersebut. Sebuah ihktiar yang positif.

Satu, dengan demikian novelnya akan lebih banyak dibeli orang! Kedua, sebuah industri dapat membangkitkan industri kedua, yaitu dari industri media cetak, mencoba sukses dalam media audio-visual. Ketiga, bibit-bibit unggul calon bintang film yang baru yang belum sempat tampil, akan terkuak dan meroket tinggi, insyaALLAH!

Kalau benar seperti yang saya bayangkan, maka dalam waktu yang relatif singkat, mungkin kurang dari 5 tahun ke depan, Indonesia akan menjadi center of excellence dalam hal industri novel dan film layar lebar adaptasi dari novel, yang akan menjadi kutub yang menarik semua mata seniman di seluruh dunia.

Jadi, bagi anda yang punya cita-cita menjadi novelis, atau sutradara, atau bintang layar lebar, dan seluruh pendukung kedua industri tersebut, berjuanglah dengan kreatif, dengan berani, dengan percaya diri. Bulatkan tekad, buat Dream Staatement dan Action Plan. Lalu, kerjakan! Bangkitlah karena kreatif!

BERANI?!

Tidak ada komentar: