Sabtu, 23 Agustus 2008

OLIMPIADE: Bersedia..SIAP...GO !!!

by Y.S. Aji Soedarsono
22 Agustus 2008


HEBAT !!
Indonesia telah berhasil mempertahankan tradisi EMAS di pesta olahraga Olimpiade. Rombongan sudah siap pulang. Sebentar lagi akan sampai di Jakarta.

Memang "belum" banyak EMAS yang dapat diperoleh oleh kontingen Indonesia. Namun, sejak 1988, setidaknya kita sudah terus-menerus mendapatkan MEDALI.

Pertanyaan kita: Bagaimana cara kita PERTAMA kali mendapatkan medali?

Medali Indonesia di tahun 1988, adalah dalam cabang Panahan. Mengapa Indonesia berhasil mendapatkan MEDALi saat itu? Jawabnya karena IMPIAN dan HARAPAN (expectation). Raihan itu tidak lepas dari Impian sang Pelatih saat itu, yaitu Almarhum Donald Pandiangan (yang baru saja wafat).

Saya masih ingat. Betapa DONALD PANDIANGAN begitu memendam DENDAM, karena Indonesia tidak jadi berangkat ke MOSKOW tahun 1980. Saat itu Olimpiade Moskow di boikot karena Uni Soviet melakukan serangan ke Afganistan. Indonesia termasuk yang memboikot. Saat itu saya masih SMP, namun kisah dendam itu masih saya ingat. Mengapa dia mendendam?

Saat itu, Donald, sebagai atlet panahan merasa YAKIN dapat meraih MEDALI EMAS untuk pertama kali bagi Indonesia. Dia YAKIN dapat mematahkan rekor sebelumnya. Dia "gagal" sebagai atlet, namun dia BERJAYA sebagai pelatih, yaitu 8 tahun setelah "kegagalannya." Jadi, 8 tahun dibutuhkan untuk menyiapkan atlet generasi berikutnya.

Ketika saya menulis judul di atas, yang saya maksud dengan "GO !!" adalah bahwa SAAT INI adalah saat yang tepat untuk memulai "MEMBURU" EMAS Olimpiade berikutnya. Selagi negara lain kebanyakan sedang bersenang-senang dengan kemenangan mereka, saat ini adalah yang paling tepat untuk memulai "perang" mendapatkan EMAS Olimpiade.

Siapa yang paling bertanggung jawab? Seharusnya ya Presiden. Kemudian Menteri Pemuda dan olahraga, lalu KONI Pusat. Memang, "memburu EMAS Olimpiade olahraga" adalah sudah menjadi tugas Presiden, tugas Menteri Pemuda dan Olahraga dan juga menjadi tugas KONI pusat.

Tugas Presiden untuk mencanangkan sekaligus mengatur Anggaran Biaya, setidaknya untuk tahun 2009. Tugas Menteri Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan KONI Pusat untuk membina, langsung atau tidak langsung. Mudah-mudahan anggaran Pendidikan yang 20 persen itu ada yang dapat dikaitkan dengan pendidikan Olah Raga!

Dulu, Donald Pandiangan memulai dengan DENDAM yang positif. Dia membangun MIMPI dan HARAPAN. Dia tidak peduli kalau ada orang yang mencemoohkannya.

Jadi, bagi mereka yang dalam waktu 4 tahun ke depan mempunyai IMPIAN dan HARAPAN untuk memenangkan EMAS Olimpiade, maka harus dari sekarang menyiapkan diri. Bagi mereka yang berusia 13 tahun, berarti nanti akan berusia 17 tahun. Sudah cukup umur.

Cabang-cabang olah raga yang PATUT untuk diberikan anggaran yang cukup adalah yang mempunyai VARIABEL yang sedikit. Yaitu cabang olah raga dengan sedikit anggota, bisa perorangan, atau bertiga.

Balap sepeda, lari, triatlon, sepeda gunung, voli pantai, renang, dll, dan tentunya cabang yang sudah pernah mendapatkan medali, panahan, bulutangkis, angkat besi dan mungkin juga angkat berat.

Buatlah MIMPI dan HARAPAN yang tinggi. Sehingga kita ingin berusaha dengan GIGIH. Biarlah orang lain mencemooh. Bukankah "Anjing menggonggong kafilah harus terus berlalu?"

Tugas KITA SEMUA untuk menemukan para pemuda-pemudi berbakat dalam olahraga, bukan hanya tugas guru olahraga. Semoga dengan ketulusan kita semua, SINERGI akan didapat.

BERANI?

Tidak ada komentar: