Rabu, 06 Agustus 2008

Cita-Cita: Seperti CAMERON JOHNSON

by Y.S. Aji Soedarsono
Rabu, 6 Agustus 2008
antara jam 20.00-21.30 WIB

Ada SMS dari ICCANG, 16 tahun, kls 12, Makassar (0856-561 86 xxx)

ICCANG:
Assalamualaikum. Kak, Perkenalkan, saya ICCANG, kelas 12 IPA, dari Makassar. Setelah membaca buku kakak, boleh khan saya bertanya tentang masalah cita-cita saya?

Aji:
Alaikum salaam. Boleh aja. ICCANG co or ce? biar ga salah persepsi. Apa problemnya?

ICCANG:
Co kak. Begini kak, saya khan udah harus nentuin jurusan kuliah, tapi ada 3 jurusan yang buwat saya bingung, yaitu: Elektro, Informatika dan kedokteran.
Yang jelas, cita-cita akhir saya ingin buwat perusahaan besar dari gaji saya.
Kira-2 jalan tercepat utk jadi YOUNG ENTREPRENEUR jurusan apa?

Aji:
Sbentar. Apa hobi, apa pelajaran favorit/paling bagus, dan apa KEHEBATANMU (YOUR GREATNESS)?

ICCANG:
hobi: baca buku bisnis, buku biografi, main game, mendesain sesuatu.
Pelajaran yang saya sukai TIK (Teknologi Ilmu Komputer).
KEHEBATAN: desain grafis, menggambar, musik, menjalankan aplikasi kompi.

Aji:
Dan, IDOLA (IDOL) kamu yang terkait dengan cita-2 siapa?

ICCANG:
Banyak juga kak. sperti: BILL GATES, ROBERT KIYOSAKI, dan CAMERON JOHNSON.

Aji:
Coba sebutkan 1 (satu) bisnis yang dapat merangkul 3 orang tadi sekaligus! Ada?

ICCANG:
Bisnis pembuatan suatu teknologi yang baru or yang lebih berkembang.

Aji:
Kalo mau cepat, coba ambil IT. Sorry, bukan mau promosi, di tempat saya mengajar yaitu di IIUC (International Islamic University College) yang dulu dikenal sebagai STTIK MERIDIAN, kamu dapat lulus dalam waktu 3.5 tahun, sudah termasuk belajar di Malaysia. Bisa disambil bisnis juga. Sudah itu kerjanya di luar negri dulu biar dapat gaji yang gede, kalo di Indon gaji IT masih kecil aja. (Klo di Singapura minimal gaji engineer sekitar 2000 SGD. Bahkan bisa lebih). Klo masuk kedokteran, terlalu lama. Dan setelah lulus gak bisa langsung minta bayaran yang mahal. Klo masuk Elektro, sedang waktunya. Tapi udah lulus baiknya kerja di LN dulu, biar gaji gede juga.

ICCANG:
Tapi, setelah kuliah bagusnya cari kerja di mana, kalo di Indon? Ato, apa aja perusahaan IT yang ada di Indon?
Soalnya saya mau jadi aset Indon, bukan aset negara lain.

Aji:
Begini, kamu misalnya kerja di Singapur, tapi punya bisnis di Indon. Jadi bisa disambil juga.
Tapi, kalo yang IDEAL, JANGAN MELAMAR KERJA!
Caranya, buwat prestasi or kreasi yang HEBAT. Kaya' CAMERON JOHNSON.

ICCANG:
OK kak, kayaknya tujuanku udah mulai jelas. Lain kali aku nanya-2 lagi ya..?
Makasih atas segala perhatian dan bantuannya. Wassalam.

Aji:
OK, makasih juga. Boleh, anytime. Jangan lupa buat DREAM STATEMENT dan ACTION PLAN.
Oya, kalo sempat, silakan tengok blog saya di ....bla-bla (di sini maksudnya).
wassalam-aji

Tidak ada komentar: