Sabtu, 03 Januari 2009

CITA-CITA ANDA adalah bagian dari TOPI ANDA

by. Y.S. Aji Soedarsono
3 January 2009

Kemarin, saya baru saja jalan-jalan ke Toko Buku Gramedia Matraman. Tempat yang enak untuk mencari buku dan peralatan sekolah maupun kantor. Kira-kira istilahnya adalah "one stop shopping." Sebenarnya, tujuan saya adalah untuk survei harga beberapa peralatan yang akan saya butuhkan dalam waktu dekat. Tapi, seperti biasanya, saya sangat jarang pulang dari toko buku dengan "tangan hampa." :)

Sebelum pulang, saya membeli buku terjemahan dari IT'S NOT ABOUT THE COFFEE: Leadership Principles from a Life at Starbucks. Judul Indonesianya adalah IT'S NOT ABOUT THE COFFEE Bukan Sekadar Kopi: Prinsip-prinsip di Balik Sukses STARBUCKS. Buku ini karangan HOWARD BEHAR dengan JANET GOLDSTEIN.

Apa yang menarik dari buku itu? Apa hubungannya dengan Cita-cita?

Ada hal yang sangat menarik yang sangat punya korelasi dengan CITA-CITA dalam Konteks DreamSMART(R). Pada bagian awal buku itu, BEHAR sangat menekankan perlunya memakai TOPI KITA SENDIRI dan HANYA SATU TOPI saja.

Intinya, dia ingin menegaskan agar kita menjadi diri kita sendiri dalam hidup ini, sehingga dapat fokus dalam menjalani hidup. Setelah mencari tahu tentang diri kita sendiri, maka kita harus menentukan arah atau TUJUAN dalam hidup kita. Jadi, dengan begitu, sangatlah cocok dengan konteks kita di DreamSMART(R).

Kita memang perlu mengenali diri kita sendiri. Dalam konteks cita-cita, kita harus mengenali kecerdasan kita yang menonjol, yang di sini kita sebut GREATNESS atau KEHEBATAN. Di samping itu, kita juga harus mengenali nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang kita anut dalam hidup. Setelah itu barulah kita menentukan arah TUJUAN kita. Dengan tujuan itu, kita akan mencoba "mencari" kesempatan dalam pekerjaan dan peruntungan. Tapi, kadang kita harus "menciptakan" kesempatan. Tapi kadang juga ada yang ajaib, tiba-tiba kesempatan yang cocok dengan TOPI KITA datang begitu saja di depan kita. Istilah anak muda sekarang, peluang yang GUE BANGET.

Jika kita memakai banyak TOPI, mungkin saja kesempatan akan menjadi sangat BESAR, karena kita "menyediakan" diri untuk dapat menjadi sosok yang berbeda-beda tergantung dengan TOPI yang sedang kita pakai. Ini akan membuat kita harus JAIM (jaga image) agar cocok dengan TOPI yang sedang kita pakai.

Apakah anda tertarik untuk memakai BANYAK TOPI? Mungkin demikian, karena anda akan merasa bahwa hal itu akan membuat anda mendapat lebih banyak kesempatan. Tapi, hidup adalah pilihan. Dalam pilihan anda, pastikan bahwa anda tidak merasa TERJEBAK dan TIDAK KEMANA-MANA setelah memasuki sebuah jalur jalan. Jika hal itu yang sudah terjadi, maka mungkin ini saatnya anda memikirkan TOPI seperti apa yang sebenarnya paling COCOK bagi ANDA.

Tapi, BEHAR menegaskan sekali lagi bahwa sebaiknya memakai hanya SATU TOPI saja. Hal itu mungkin akan membuat kesempatan akan pekerjaan menjadi lebih sedikit, namun akan membuka kesempatan SUKSES yang lebih besar bagi kita. Apalagi jika kesempatan yang nantinya ada di depan kita adalah yang memang cocok dengan TOPI KITA. BEHAR telah membuktikannya. Anda MAU?

Tidak ada komentar: