Jumat, 09 Januari 2009

CITA-CITA: Pengusaha Cetak KAOS Ditunggu

by Y.S. Aji Soedarsono
9 January 2009

Belum lama ini, saya mencoba mencetak desain kaos saya di salah satu KIOS pencetakan KAOS yang bisa DITUNGGU! Saya sudah sempat survei, jadi sudah tahu berapa harga jasa dan barangnya. Lumayan murah, dibandingkan kalau saya harus pergi ke Bandung dan membeli kaos C-59 atau kalau saya harus ke BALI dan membeli kaos JOGER.

Letak kios itu ada di sebuah pusat kegiatan jual-beli di Jakarta Selatan. Di basementnya. Karena sepi, saya coba mampir dan langsung bertanya, berapa lama untuk mencetak satu kaos disain saya sendiri. Karena dijawab hanya 20 menit, maka jadilah saya pesan satu. Saya mengeluarkan FLASH disc saya dan memberikan kepada seorang pemuda di sana.

Apakah akan tepat waktu dan memuaskan?

Sayangnya, kesan PERTAMA saya, anak-anak muda ini sepertinya menganggap saya ini hanyalah "Just another Guy..just another person who drop by.." Maaf, ternyata tidak ada senyum yang menyapa saya. Tidak ada GREETING yang menyapa saya...

TAPI, karena saya ingin membuktikan hasil karya desain saya, dan ingin membuktikan bahwa saya akan mendapatkannya hanya dalam 20 menit, maka saya coba teguhkan hati untuk tidak kecewa..

Gambar saya pilih, lalu di transfer ke komputer mereka, lalu memakai photoshop, mulailah diproses. Setelah yakin gambarnya cocok, maka PRINTER segera bekerja, dengan cara cetak mirroring ke atas kertas transfer. Antara 5 sampai 10 menit telah berlalu.

Sebelum gambar lengkap tercetak, si operator PERTAMA sudah ngacir, lalu leha-leha tiduran di dalam kiosnya. Ketika gambar sudah lengkap tercetak, saya merasa harus mengingatkan mereka bahwa gambar sudah tercetak semua. Ternyata, selanjutnya adalah tugas OPERATOR KEDUA. Nah, mulai dia bekerja menggunting agar yang tidak ada gambarnya tidak usah ikut di setrika nantinya. Lima menit berlalu, lalu dia sudah siap. Tinggal kaos yang belum ada. SI OPERATOR PERTAMA masih sambil tiduran cuma bilang sambil mainan HP, "Ukurannya M!"

SI Operator kedua langsung mencari ke beberapa kantong plastik besar. Operator PERTAMA tetap tiduran bermain HP. Ada 3 Menit dia mencari, baru ketemu di kantong yang ketiga. Operator PERTAMA masih tiduran sambil mainan HP.

Operator KEDUA lalu menaruh cetakan di atas kaos warna putih polos dengan label sebuah merek kaos gaul terkenal dari Bandung. Saya minta dipasang di bagian punggung. Dia melakukan setting. Lalu, setelah yakin pada posisi yang pas, dia ambil setrika biasa, dia gilas sedikit bagian kanan cetakan pada kaos putih itu. Setelah menempel, dia angkat kaos dan cetakan di atasnya, ke meja PRESS yang ada setrika BESARNYA. Lalu, di atasnya di tutupi dengan beberapa kertas minyak (kalau tak salah) lalu, dengan dua tangan, dia tutupkan PRESS setrika bagian atas ke meja press di bawahnya. KLIK. Mesin pemanas ini bekerja. Lalu sekitar 2 menit, ada musik tanda sudah dapat di angkat.

TARA!! Jadilah kaos dengan desain buatan saya.
Total jenderal 27 MENIT!

Kesimpulan, TIDAK COCOK dengan info bahwa akan selesai dalam 20 MENIT!

Seandainya saja, semua operator bekerja sama dengan ihlas dan sungguh-sungguh melayani pelanggan yang datang, saya yakin hasilnya akan lebih cepat. Yang lebih penting lagi, cerita di blog ini akan BERBEDA bunyinya...

Saya bukanlah "Just another GUY..," tapi saya adalah pelanggan yang membayar dan mengharapkan pelayanan yang TERBAIK dari mereka. Jangan lupa ada "BUZZ" yang akan bercerita dengan sendirinya dari satu orang ke orang lainnya.

Jadi, untuk jadi PENGUSAHA, apakah anda SIAP?

5 komentar:

Gatut Pribadi mengatakan...

Memang typical orang ind "asli",mungkin akan beda bila org ind keturunan....
Hehehe......

Nurhadi mengatakan...

introspeksi buat saya juga nih... makasih bung...

catatan salwangga mengatakan...

banyak orang (kreatif) bisa bikin kaos.

kualitas bagus, kreasi oke.

lantas,

kenapa yang jadi kaya raya tetap produsen kaos hanny & robert, hammer, cardinal, ....

ahh... ternyata letaknya bukan hanya di kreasi saja, tapi, bagaimana memanusiakan pelanggan.

pantessss...

tegzbisa mengatakan...

ehm... mantap memang dibutuhkan orang2 kritis dan cerdas seperti halnya mas...
jadi akan bisa mengingatkan orang2 yang sedang meredup dlm hal motivasi...
baiklah... goodlauck mas.. :)

astri paramita wardani mengatakan...

kalo boleh tau nama tokonya apa ya? n di dareah mana?