Senin, 30 Maret 2009

MULTI TALENTED

by Y.S. Aji Soedarsono
30 March 2009


Ada sebagian remaja yang bingung menentukan CITA-CITA karena minder. Mereka merasa tidak mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Mereka mengira dengan kecerdasan yang biasa-biasa saja tidaklah pantas untuk bercita-cita yang SMART.

Namun sebaliknya, ada pula beberapa remaja yang bingung menentukan CITA-CITAnya, karena dia merasa mempunyai banyak bakat. Bingung menentukan apa yang harus dijadikan tujuan. Mereka yang terakhir ini dapat disebut remaja yang MULTI TALENTED.

Contohnya, adalah seorang remaja bernama MELISA, yang mengatakan bahwa dia ingin mencoba banyak hal, karena banyak hal yang dia suka dan dia merasa berbakat dalam hal-hal itu. Yang jelas, dia ingin dikenang sebagai pendobrak, penemu, pembuka jalan baru, sehingga dapat digunakan dan dikembangkan oleh semua orang.

Bagaimana kita dapat mengenali remaja yang MULTI TALENTED?
Apa CITA-CITA yang sebaiknya baginya?

Setelah menggunakan metode TRIGON-Y(copyrighted, trademarked), dapat disimpulkan bahwa memang benar MELISA mempunyai banyak bakat, misalnya: dalam kerja kelompok dia sangat banyak andil dan di atas panggung/publik sangat baik (cerdas sosial), jago menggambar (cerdas visual), jago mengarang (cerdas bahasa), dalam segala bidang pelajaran sangat pandai.

Contoh orang yang sudah sukses dan mempunyai banyak bakat, adalah TOMPI. Dia adalah seorang penyanyi dengan aliran jazz. Di samping itu, dia adalah seorang dokter. Artinya, dia pasti pandai BIOLOGI, KIMIA dan METEMATIKA, bahkan mungkin juga FISIKA. Dan, dia dapat melakukan dua sukses dalam waktu yang bersamaan, sambil kuliah di FK, terus bernyanyi.

Contoh remaja yang sudah terlihat sukses yang juga mempunyai banyak bakat adalah CINTA LAURA. Dia memulai sukses secara publik adalah dalam bidang akting, sebagai pemain sinetron. Kemudian, dia merambah dunia musik dengan meluncurkan album. Belum cukup dengan itu, kita dapat melihat gerakan tubuhnya menari dengan sangat baik dalam video clip (koreo). Namun, di luar itu semua, di sekolah, dia adalah seorang bintang kelas. Dia selalu juara, dalam semua mata pelajaran. Banyak yang mendapat nilai A dan A+. Itu semua membuktikan bahwa dia adalah seorang yang MULTI TALENTED.

Jadi, CITA-CITA apa yang harus dicapai terlebih dulu?

Tentu saja, cita-cita yang paling mudah dicapai secara nyaman. Dengan memilih yang paling mudah, berarti menghemat tenaga dan waktu. Dan, dengan keberhasilan yang pertama, akan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Yah, mungkin tidaklah sangat mudah, tetapi dengan sedikit perjuangan ekstra dapatlah sebuah cita dicapai. Setelah sebuah CITA dapat dicapai, jangan lupa untuk membuat CITA-CITA baru lagi, yang akan dikejar dan ditangkap. Demikian seterusnya.

Kembali kepada MELISA, di usia 15 tahun, dengan mengidolakan Masashi Kishimoto, Aoyama Gosho, Conan Doyle, Enid Blyton, Shakespeare, Albert Einstein, Mozart, Beethoven, dan FD Roosevelt, dia menetapkan dan memutuskan untuk menjadi PENULIS terlebih dulu.

Apakah anda juga MULTI TALENTED?

Tidak ada komentar: