Minggu, 23 November 2008

Cita-Cita: Pengusaha KAOS GAUL

by Y.S. Aji Soedarsono
23 November 2008


Bila anda punya cita-cita menjadi Pengusaha KAOS GAUL, maka anda termasuk orang-orang yang cerdas! Karena, mereka yang sudah BERJAYA menjadi Pengusaha KAOS GAUL di Indonesia, semuanya adalah orang-orang cerdas. Artinya, sejak mereka punya cita-cita menjadi Pengusaha KAOS GAUL, sudah sangat cerdaslah mereka.

Sebutlah SALAH TIGA dari merek-merek yang sudah EKSIS dalam dunia Kaos Gaul di Indonesia: C-59 (Bandung), DAGADU (Jokja) dan JOGER (Bali). Perhatikan: mereka saya sebutkan berdasarkan alfabetis, karena menurut saya, mereka itu, semuanya, adalah nomor 1. Merek mereka telah mempunyai pasar masing-masing. Para pendirinya adalah oranag-orang yang sangat cerdas dalam memilih kata-kata dan motif gambar yang akan mereka tampilkan pada KAOS dan aneka aksesori lainnya.

Bagaimana peluang bisnis Kaos Gaul?
Apakah ada batasnya?
Kapan harus mulai?

Peluang bisnis Kaos Gaul di Indonesia, masih sangat besar. Walau bagaimana pun yang namanya KAOS adalah salah satu dari kebutuhan hidup manusia, selain pangan dan papan. Kaos termasuk dalam kategori kebutuhan pokok, yakni kebutuhan SANDANG. Apalagi, setelah saya amati, harga jual merek-merek ini masih termasuk terjangkau. Apalagi, ditambah dengan kualitas bahan yang baik dan termasuk tahan lama. Jadi, para pembeli merasa beruntung dapat membeli SANDANG yang murah dan BAGUS.

Belum lagi, kaos-kaos gaul itu, sangat fleksibel pemakaiannya. Dari acara sangat santai sampai acara yang nyaris resmi masih bagus untuk dipakai. Bahkan, kadang-kadang, seniman memakai KAOS GAUL dalam acara resmi yang disorot televisi.

Apakah pasar di Indonesia sudah JENUH? Saya pikir tidak! Masih sangat luas pangsa pasarnya, apalagi jika kecerdasan yang ditampilkan lebih beraneka-ragam, maka akan menciptakan ceruk pasar yang baru lagi. Kreativitas yang cerdas dalam bentuk kata-kata dan gambar tidak mempunyai batasan. Sejauh imajinasi dapat menjangkau, kreativitas masih dapat dihargai.

Apalagi, jika dilihat dari cara pembuatannya yang sangat low tech, namun sudah dapat menjadi sebuah komoditas yang bagus, hampir semua orang dapat melakukannya. Jadi, low tech dan low capital. Semua tergantung kreativitas, cara pembuatan dan kemudian jika telah ada yang memakai, maka akan menjadi etalase tersendiri bagi penjual kaos dan si empunya MEREK itu.

Kapan sebaiknya memulai bisnis ini bagi yang punya cita-cita menjadi Pengusaha KAOS GAUL? Jawabnya: SEKARANG!

Orang boleh bilang sekarang adalah jaman yang semua orang sedang "menahan duit," namun orang juga membutuhkan MOTIVASI dan KATA-KATA CERDAS, serta PLESETAN (PARODI) yang akan sangat membantu orang-orang yang sedang gundah dan gulana. Untuk itu KAOS GAUL sangat diperlukan. Baik untuk si Pemakai maupun si Pembaca atau penonton KAOS GAUL itu.

Jadi, jangan takut untuk berinvestasi, jika anda memang cerdas dan punya jiwa entrepreneurship serta GAUL. Yang paling penting, anda melakukan dulu survei untuk mendapatkan "ceruk" yang belum dimasuki oleh para pengusaha KAOS GAUL yang telah malang-melintang selama ini. Anda MAU?

(Warning! VISIT INDONESIA! And get the BEAUTIES and CHALLENGES!)

1 komentar:

irwan mengatakan...

bagaimana mas aji untuk melaksanakannya sementara tentang bisnis ini sendiri belum tahu seluk beluknya . bagaiman mendapatkan bahan baku, bagaimana mendapatkan alat dll ?
jadi bagaimana ?