Senin, 29 September 2008

Cita-Cita: Menjadi KALIGRAFER

by Y.S. Aji Soedarsono
29 September 2008


Bulan Puasa Ramadhan tahun ini sudah nyaris lewat, namun ada suatu hal yang menggugah yang patut untuk diangkat ke permukaan. Hal ini akan menarik bagi mereka yang mempunyai jiwa seni, khususnya seni lukis, seni menulis indah dan mereka yang mempunyai kemampuan membaca tulisan Arab bahkan harus pandai membaca dan menulis tulisan Arab Gundul.

Mereka adalah anak-anak muda yang mempunyai cita-cita menjadi Kaligrafer (calligrapher). Apakah ini adalah profesi yang menjanjikan? Kalau anda tahu berapa nilai proyek kaligrafi untuk menghiasi sebuah masjid, anda pasti tergiur. Apalagi jika banyak masjid di negara ini yang belum mempunyai tulisan kaligrafi.

Berapa nilai proyeknya?

Menurut berita di televisi yang sempat saya tonton, nilai proyeknya sangat bervariasi, tergantung kepada luasan dan tingkat kesulitan yang harus diatasi oleh kelompok seniman ini. Untuk sebuah masjid atau musholah kecil, mungkin nilainya hanya belasan juta rupiah untuk sebuah proyeknya. Namun dapat anda bayangkan jika anda mendapat proyek menulis kaligrafi di beberapa masjid yang 3 atau 4 kali lebi besar dari musholah tadi.

Kabarnya, untuk masjid yang cukup besar dan termasuk menghiasi kubah lengkung bagian dalamnya, nilai proyeknya dapat mencapai ratusan juta rupiah!! Percaya?

Saya sebagai pribadi percaya saja. Anda bayangkan tingkat kesulitan untuk menuliskan kaligrafi di kubah yang melengkung, bahkan itu merupakan bukan bidang datar dan anda harus melakukannya secara "overhead". Kalau anda bayangkan anda adalah sebagai juru las, anda harus dapat mengelas secara "overhead" (di atas kepala, anda harus mendongak) tangan kiri dan kanan sama bagusnya, maka anda adalah juru las yang mahal harganya, grade 5 atau 6. Jadi bayaran yang mahal adalah pantas bagi mereka yang mempunyai jiwa seni dan keahlian.

Menurut kabar, seniman muda yang saya tonton di tv, adalah lulusan sebuah universitas Islam negeri. Namun, tentu saja tidak harus menutup kemungkinan siapapun yang pernah "mondok dan nyantri" cukup lama dan menekuni seni menulis arab secara indah juga dapat melakukannya dengan baiknya. Apalagi, secara kasat mata dapat dilihat, sebagaimana juga dalam ilmu lukisan, ada berbagai faham atau aliran dalam kaligrafi (calligraphy). Saya tidak tahu apa istilahnya, namun dapat dilihat aliran huruf yang seperti kotak dan ada huruf yang dibuat memanjang. Itu semua ada alirannya dan pasti ada pengikut alirannya.

Artinya, selama ada pesanan yang cocok dengan aliran atau kemampuan kelompok kaligrafer ini, dan selama harga masih "pantas" maka insyaALLAH proyek atau rizki akan datang. Dan tentunya insyaALLAH ada pahala juga.

Jadi bagi anda yang mempunyai kemampuan seni lukis dan seni tulis indah khususnya untuk tulisan Arab, anda dapat menjadikan KALIGRAFER sebagai pilihan cita-cita profesi. Ada Rizki dan ada Pahala di sana. Anda MAU?

Tidak ada komentar: