Kamis, 17 Juli 2008

Cita-Cita: PRESIDEN atau PEMIMPIN NASIONAL?

Akhirnya, bulan Juli 2008 ini sudah dimulai lagi masa kampanye 5 tahunan!

Dalam waktu dekat ini, kita akan sering menonton Selebritis jadi Politikus dan juga sebaliknya Politikus menjadi Selebritis. Keduanya saling membutuhkan. Yang terjadi adalah Simbiosis Mutualisme.

Lima tahun lalu, sudah banyak Selebritis yang menjadi anggota Dewan. Dalam pemilihan kali ini, pasti akan lebih banyak lagi, karena SUDAH TERBUKTI bahwa kalau partai politik menggandeng Selebritis yang tepat, maka akan lebih mudah mendapatkan pendukung.

Apa hubungannya dengan Cita-Cita?
Banyak!
Banyak orang yang bercita-cita menjadi Artis atau Selebritis. Sudah tidak perlu kita pungkiri lagi. Buktinya banyak banget acara Reality Show yang mengangkat NOBODY untuk menjadi SOMEBODY, dalam hal ini Artis.

Di lain pihak, banyak anak muda yang rajin berorganisasi akhirnya bergabung menjadi anggota partai. Banyak Talent Scout dari pihak partai yang rajin mendatangi kegiatan organisasi anak-anak muda, untuk mencari calon anggota yang berbakat. Sangat MIRIP dengan Talent Scout untuk mencari Artis. Cita-cita anak muda tadi adalah menjadi Pemimpin. Nantinya, ya menjadi Tokoh Nasional, minimal menjadi Anggota Dewan tingkat Daerah.

Saat ini, sudah mulai banyak yang mencalonkan diri menjadi PRESIDEN. Setidaknya ada 3 orang mantan Jendral yang sudah mencalonkan diri. Mereka sudah menjadi orang sipil. Tapi yang jelas, mereka adalah tokoh yang usianya lebih dari 50 tahun. Tokoh lain, ada yang masih malu-malu untuk mencalonkan diri. Ada yang menerbitkan bukunya, dengan tujuan supaya ide-idenya "dibeli" oleh masyarakat. Setidaknya IDE-nya akan terpilih, walaupun orangnya mungkin tidak. Tapi yang jelas mereka sudah "berumur" semua.

Tapi, kebanyakan dari mereka cuma bercita-cita menjadi PRESIDEN bukan untuk menjadi PEMIMPIN NASIONAL.

Apa bedanya PRESIDEN dengan PEMIMPIN NASIONAL?
Presiden jelaslah suatu jabatan tertentu yang ada dalam UUD. Sedangkan Pemimpin Nasional tidak ada dalam naskah UUD.

Yang jelas, menjadi PEMIMPIN NASIONAL tidak jelas berapa gajinya dan tidak jelas pula apa fasilitas yang akan didapat. Mungkin, ini yang membuat orang tidak tertarik menjadikannya sebagai sebuah cita-cita.

Zaman dulu waktu Indonesia baru merdeka, ada tokoh nasional yang konon kabarnya memakai baju yang ditambal! Zaman reformasi ini apakah ada orang yang ingin menjadi tokoh nasional dengan baju ditambal?

Menjadi PRESIDEN pasti banyak pembantunya, yaitu para menteri. Minister sebagai kata kerja artinya membantu atau melayani. Jadi memang kelihatannya enak menjadi PRESIDEN karena pelayannya ada 20-an orang. Kalau PEMIMPIN NASIONAL berapa orang pembantunya? Belum jelas aturan mainnya.

Tahun depan mungkin belum ada "anak muda" yang menjadi calon PRESIDEN. Tapi, lima tahun lagi mungkin sudah ada "anak muda" yang dicalonkan atau mencalonkan diri menjadi PRESIDEN. Mengapa?

Karena, saat ini mereka sedang belajar untuk memimpin. Wagub Jawa Barat sedang belajar untuk menjadi pemimpin sebuah propinsi. Umurnya masih 42 tahun, jadi lima tahun lagi akan berumur 47 tahun dan BUKAN TAK MUNGKIN ada yang mencalonkan dirinya untuk menjadi PRESIDEN. Kita lihat pula di NTB, Gubernur terpilihnya adalah seorang yang berusia 35 tahun! Kalau dia sukses dalam 5 tahun ini, boleh jadi ada yang mencalonkan dirinya menjadi PRESIDEN, minimal menjadi Menteri, yang kemudian 5 tahun berikutnya dapat diusung menjadi calon PRESIDEN, saat berumur 45 tahun.

Kesimpulan kita, bagi anak muda yang punya cita-cita untuk sukses (success) menjadi PRESIDEN atau juga yang ingin menjadi PEMIMPIN NASIONAL, harus bersabar dulu. Yang tua-tua biar "lewat" dulu! Nanti, 5 atau 10 tahun lagi silakan mencoba "memanjat" lebih tinggi lagi. Jangan lupa, cita-cita tetap harus Specific, MEGA, Achievable, Recognizable dan Time Framed: SMART.

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda :

http://nasional.infogue.com/
http://nasional.infogue.com/cita_cita_presiden_atau_pemimpin_nasional_

promosikan artikel anda di www.infogue.com dan jadikan artikel anda yang terbaik dan terpopuler menurut pembaca.salam blogger!!!