Selasa, 29 Juli 2008

Cita-Cita: Menjadi PERCAYA DIRI

oleh Y.S. Aji Soedarsono
29 Juli 2008


Siapa sih yang gak pingin kayak AFGAN yang ganteng dengan lesung di pipi? Senyum atau gak senyum, lesung di pipi itu lho... gak ilang-ilang...Siapa sih gak pingin punya suara yang kata para ce' adalah suara yang seksi? Siapa sih yang gak pingin tampil keren dan kalem kayak AFGAN? Apalagi, kalau AFGAN udah mulai melantunkan lagu, dengan suaranya yang "MENYIHIR" sambil mengangkat tangannya setinggi dada untuk menyapa dan menyemangati penonton... langsung aja, penonton TERSIHIR...!

Tapi, ada yang sadar nggak sih...sebenarnya AFGAN itu masih suka grogi, kalau tampil di panggung? Kalau grogi, koq kalau di panggung tetap aja keren abizzzz? Apa si rahasianya?

Ternyata, menurut Detik dot Com, untuk meningkatkan rasa PDnya, di rumah dia berlatih sesering mungkin di depan cermin!

Jadi, bagaimana cara kita untuk meningkatkan rasa PD yang kita belum punyai? Berapa kali dalam sehari kita perlu berdiri dan berlatih di depan cermin agar muncul rasa PD?

Menurut Dale Carnegie, untuk meningkatkan rasa PD, kita harus melakukan latihan sebanyak mungkin? Sebanyak mungkin itu berapa?

Dalam sebuah kursus Berbicara di Depan Publik, Tuan Carnegie pernah melatih seorang yang pemalu, sangat pemalu hanya dalam beberapa hari. Namun, dalam beberapa hari itu si Pemalu harus melakukan perkenalan di hadapan 45 kelompok yang berbeda. Untuk tiap-tiap kelompok, dia hanya harus memperkenalkan diri selama 5 menit, tidak lebih dari itu.

Bagaimana hasilnya?
Ternyata luar biasa! Si Pemalu telah berubah. Bahkan para wartawan yang tidak mengenal si Pemalu sebelumnya, setelah si Pemalu berpidato dalam sebuah event, menjulukinya sebagai ORATOR yang hebat!

Bagaimana dengan Penyanyi?

Beberapa puluh tahun lalu, ada seorang penyanyi rock yang saat akan tampil di atas panggung, dia harus menelan obat "tertentu" agar dapat tampil PD. Dan setelah itu memang "dia" tampil PD. Tapi apakah itu adalah dia yang sebenarnya? BUKAN!

Itu bukan dia yang sebenarnya, karena dia tengah dipengaruhi oleh obat tadi. Bahkan, setelah turun dari panggung, komentar yang diberikan oleh sang Pacar kepadanya adalah:

"Kamu NGGAK hebat!...Yang hebat cuma OBAT tadi!"

Apakah kita perlu bantuan dari OBAT untuk tampil PD di panggung? Tentu saja jawabnya TIDAK. Seperti contoh yang diceritakan oleh tuan Carnegie di atas, latihan yang cukup akan membuat kita PD.

Dalam bahasa Inggris disebutkan: PRACTICE makes PERFECT.

Artinya, kalau anda bercita-cita untuk sukses (success) dan tampil "sempurna" di depan publik, maka anda harus BERLATIH!

MAU?

Tidak ada komentar: