Jumat, 06 Juni 2008

Avocado SUKSES Cilaki

Ada sebuah rahasia di jalan Cilaki Bandung. Di bawah rerimbunan pepohonan yang tumbuh, di antara "gararobak" kuliner yang berjejer, di dekat jalur kuda yang berkeliling taman, di jalanan yang mendaki, ternyata ada yang namanya AVOCADO SUKSES!

Untuk menikmatinya, anda harus "antri" selama 5 hari!
Harganya pun sangat mahal, kalau anda datang dari Jakarta.

Penyajiannya sangat sederhana, tidak mewah, tapi sangat fleksibel, tergantung siapa yang membuatnya. Jadi, anda bisa membuatnya sendiri.

Ternyata, seumur hidup saya yang telah 42 tahun ini, baru sekali ini saya menikmati rasa avocado yang tidak ada duanya. Luar biasa dahsyat! Walaupun disajikan tanpa dicampur gula, rasanya sudah mantab. Tanpa menggunakan blender, hanya dengan diaduk dengan sendok secara manual, daging buahnya yang tebal sudah sangat halus. Warnanya kuning dengan semburat kehijauan. Apalagi aromanya yang asli Bandung. Karena ini bukan avocado Bangkok, tapi avocado Bandung.

Avocado ini menjadi sangat mahal karena saya dan suami sepupu (susep) saya harus memetik sendiri dari pohon. Pohonnya ada di halaman belakang rumah seorang sepupu saya yang lain lagi, tapi letak rumahnya memang di jalan Cilaki, Bandung. Sebelum memetik, kami harus membetulkan galahnya. Kemudian kami harus berbagi tugas, si susep yang naik tangga dan membawa galah, saya di bawah menjaga jangan sampai buah terjatuh. Buah Avocado yang hijau ketika dipetik, tak boleh jatuh, agar tidak busuk. Karena saya bukan pemanjat yang ahli, saya biarkan yang ahli naik ke tangga yang disandarkan ke pohon. Saya cukup ahli menunggu di bawah, dengan risiko tertimpa galah.

Setelah berjaya memetik beberapa buah, tentu saja kami berbagi. Saya mendapatkan jatah 2 buah yang masih lengkap dengan tangkai yang menempel. Tentu saja, tidak dapat kami nikmati saat itu juga. Kami harus membawanya ke Jakarta, ke rumah masing-masing, dan kami harus "antri" selama 5 hari, sebelum si avocado berubah warna menjadi ungu-coklat dan terasa empuk ketika di sentuh. Untuk menjadi matang, avocado harus ditempatkan di tempat yang hangat, biasanya di dekat beras.

Ternyata, avocado yang paling enak, menurut saya, karena saya yang memrosesnya sendiri, yaitu yang tidak ditambahi gula dan tidak ditambahi susu. Dengan aroma yang asli, rasa yang asli, kelembutan teksturnya dan warna kuning dengan semburat kehijauan adalah yang paling enak!

Demikian pula dengan SUKSES, karena dia adalah PROSES. Bukan serta-merta mendapatkan hasil, bukan semata-mata mendapatkan sajian avocado di dalam mangkuk elok dengan aneka warna tambahan dan rasa yang tidak asli. Sukses yang paling berkesan adalah sukses dengan proses yang panjang. Ketika kita memutar-balik (flash back) dan mengikuti kembali jalannya proses, maka di sanalah kunci kenikmatan sebuah SUKSES.

Jadi untuk SUKSES anda harus ber-PROSES, anda MAU?

(special thanks to Mas Edwin and Mbak Yeti)

Tidak ada komentar: