Sabtu, 28 Juni 2008

Membuat DREAM STATEMENT

Pekan ini, seorang klien saya dari Bandung, menyatakan bahwa ia masih mendapat kesulitan untuk membuat DREAM STATEMENT yang mampu menggugah dan membuatnya bersemangat. Dia ingin menjadi DOKTER. Tahun depan ia akan duduk di kelas 12 dan akan menyiapkan diri untuk masuk ke Fakultas Kedokteran sebuah universitas.

Jadi setidaknya dia akan melalui waktu selama 1 tahun di kelas 12, plus 6 tahun di FK = 7 tahun. Jadi Dead Line untuknya adalah 7 tahun. Bagaimana dengan Spesialisasi? Bagaimana dengan IDOLA? Jadi bagaimana membuat DREAM STATEMENT yang menyemangati?

Kata-kata adalah alat yang penting untuk menyemangati. Kekeliruan dalam memilih kata, akan membuat sebuah kalimat tidak efektif dalam membangkitkan semangat. Namun, kata-kata dalam DREAM STATEMENT juga dapat sangat bersifat pribadi. Ada banyak istilah bagi masing-masing individu yang memberikan konotasi positif bagi dirinya, misalnya nama tempat dan peristiwa yang merupakan sejarah bagi dirinya. Hal tersebut dapat juga memberikan inspirasi positif.

Untuk contoh teman kita di atas, dapat kita buatkan sebuah DREAM STATEMENT seperti ini:
"Aku LULUS menjadi DOKTER pada tahun 2015. Aku LULUS menjadi DOKTER SPESIALIS ANDROLOGI tahun 2020. Idolaku adalah DOKTER BOYKE. Aku pasti SUKSES!"

Contoh lain untuk cita-cita yang berbeda, dari seorang klien lain:
"Aku LULUS menjadi AHLI GIZI di Institut Pertanian Bogor tahun 2013. Aku ingin seperti idolaku WIED HARRY ahli makanan sehat, yang sering muncul di TV! Aku yakin BISA SUKSES!"

Dream Statement ini harus dibuat dengan menarik. Sekarang, dapat dibuatkan posternya. Misalkan kita buat dengan sebuah aplikasi presentasi, yang mana di sana dapat dicantumkan kalimat pernyataan cita-cita dan juga dapat dipasang foto dari idola kita. Jika kita tidak mendapatkan foto dari internet, kita dapat melakukan scan dari sebuah majalah yang memuat foto idola kita, kemudian kita pasang di file presentasi yang memuat DREAM STATEMENT kita. Dengan aplikasi presentasi, kita juga dapat memilih warna yang menarik, MERAH, HIJAU atau apapun yang kita suka.

Kemudian, file presentasi ini kita ubah menjadi aplikasi GAMBAR, dan setelah itu dapat dibuat poster ukuran A3 (dua kali ukuran A4). Sudah banyak tempat fotocopy modern yang dapat membuat poster hanya dalam 5 menit. Ketika selesai, kita HARUS menandatangani, lalu kita dapat membingkainya dan kita tempel di TEMBOK kamar kita, yang dapat kita lihat saat BANGUN TIDUR dan malam hari saat AKAN TIDUR. Jangan lupa, untuk membaca dengan NYARING kata-kata tersebut, sehingga "memprogram" diri kita setiap hari. Jangan lupa untuk memberitahukan Cita-cita kita ini kepada orang-orang terdekat kita, dengan tujuan agar mereka dapat membantu dan ikut mendorong kita.

Namun, di atas semua itu, apapun yang kita inginkan bagi diri kita, yang sangat bijak adalah yang juga memberikan MANFAAT bagi orang lain, bukan sekadar cita-cita yang bermanfaat bagi diri kita sendiri. Perhatikan pertanyaan ini: Jika ANDA dapat MEMBUAT PERUBAHAN penting di DUNIA ini yang bermanfaat bagi masyarakat, dalam bidang APA?

Sebagai kesimpulan, dari contoh-contoh di atas, terlihat bahwa dalam DREAM STATEMENT setidaknya ada beberapa hal kunci: AKU, menjadi APA, KAPAN persisnya, seperti SIAPA, kalimat pemberi SEMANGAT, dan tanda-tangan.

Jadi, APAKAH anda sudah punya DREAM STATEMENT?

Tidak ada komentar: