Minggu, 11 Mei 2008

CALON ENTREPRENEUR

Tanggal 17 April 2008, saya mendapatkan SMS dari seorang siswa kelas 9 (3 SMP), namanya HANI. Dia telah membaca buku DreamSMART(TM) for Teens dan mengomentari isi yang terkait dengan cita-citanya. Dia ingin menjadi seorang Entrepreneur. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas, silakan ikuti "percakapan" kami dibawah ini.

Hani: Asww. Kak, ini Hani mau tanya, di apendiks cita-cita yang kakak buat, ditulis 'untuk yang mau jadi entrepreneur(pengusaha) sekolahnya tergantung.' Maksudnya apa?

Aji: Alkslm. Entrepreneur di bidang apa? Untuk menjadi entrepreneur memang tidak harus kuliah, tapi harus paham tentang uang, marketing, networking, dan bidang yang dia terjuni. Misalnya mau dagang Mie Ayam, harus tahu tentang bahan, pembuatan, bumbu dll yang terkait langsung dengan bisnis itu.

Hani: Saya sendiri masih bingung untuk menentukan bidangnya. Ada tips nggak supaya Hani nggak bingung utk menentukan bidang apa yang cocok buat Hani? Trus sekolah yang cocok buat yang mau jadi entrepreneur SMK or SMA?

Aji: OK, saya mau tahu dulu, apa kehebatan kamu, menurut kamu sendiri, menurut temanmu, dan menurut orang tuamu. Trus, kalau kamu ingin mengubah dunia, dalam bidang apa?

Hani: Kalau menurut teman-teman Hani, secara akademis Hani ahlinya matematika di kelas, tapi kalau kata ortu Hani jago ngomong.

Aji: Apakah punya tokoh idola yang kamu pikir hebat dan mungkin kamu bisa mengikuti jejaknya?

Hani: Helmy Yahya, pengusaha media yang sukses. Tapi, Hani belum yakin kalau Hani bisa mengikuti jejaknya.

Aji: Untuk masuk dunia entertainment ada beberapa cara: nyanyi, lawak, main film/sitron, ada yang lewat MC. Mungkin kamu bisa masuk dari jalur itu. Kuliah di Komunikasi Massa di FISIP, tertarik?

Hani: Dimana? Tapi Hani gak tertarik utk jadi entertainer. Hani pengen jadi pengusaha aja. Kira-kira kalau masuk SMK jurusan apa ya? Trus kiat sukses buat jadi entrepreneur apa aja?

Aji: OK, tapi bidangnya apa? Buka resto, dagang mobil, jual baju, or buka TK dan Play Group? Yang mana, give me a clue..

Hani: Nah, Hani bingung di situ.. menentukan bidangnya. Kalau dari pilihan kakak, Hani pilih buka TK dan Play Group.

Aji: Kalau bidang pendidikan harus sarjana, karena tantangannya besar dan beragam. Tidak ada yang dari SMK atau SMA saja. Kalau toh kita punya dana, tetap harus punya rekanan yang punya background Guru atau Psikologi.

Hani: Berarti harus masuk SMA trus lanjutin kuliah Psikologi gitu?

Aji: Ya.. gitu deh jalurnya. Psikologi adalah awal yang bagus untuk terjun di bidang pendidikan anak.

Hani: Trims kak, pulsa ku habis, nanti kapan-kapan Hani boleh nanya-nanya lagi khan?

Aji: OK, boleh nanya-nanya terus kok. No problem. See you next time and tq.


Ya, begitulah kalau ingin jadi entrepreneur (pengusaha) sekolahnya sangat tergantung bidang usaha yang dipilih. Tapi, yang juga penting adalah kemahiran yang terus dilatih dalam hal: kreatifitas, keuangan, negosiasi, marketing, networking, dan tentunya Leadership (kepemimpinan).


Tidak ada komentar: