Kamis, 08 Mei 2008

Fokus itu Penting, Kenali Diri juga Penting


Seorang remaja yang duduk di kelas 11 di Makassar sedang bingung. Dia duduk SMU jurusan IPA. Namun demikian dia masih sangat bingung, kelak setelah lulus hendak meneruskan entah ke mana. Tadinya, ia ingin menjadi seorang insinyur Sipil, sayangnya dia belum dapat menentukan siapa idolanya. Setelah curhat beberapa saat, dia baru sadar bahwa mungkin dia sangat tidak cocok untuk menjadi insinyur sipil.

Dia sangat tidak menyukai menggambar. Dia baru saja tahu bahwa di Teknik Sipil, Mesin dan lebih khusus Arsitektur, adalah jurusan yang sangat sering mendapat tugas menggambar.

Ya, di teknik sipil, seorang harus dapat menggambarkan sebuah konstruksi, mulai dari bawah, pondasi, naik lagi, konstruksi kolom, balok, dan juga konstruksi atap. Belum lagi jika dikaitkan dengan kerumitan bangunan yang serba moderen, yang sangat kompleks gambarnya.

Demikian pula di teknik mesin. Semester satu dan dua adalah pelajaran pertama menggambar teknik, dan ini adalah pelajaran yang berjilid, jika jilid 1 belum lulus, dilarang mengikuti jilid 2 nya. Setelah itu baru dapat melanjutkan dengan tugas Kopling. Jika tugas ini lulus, baru boleh mengambil tugas Roda Gigi. Setelah itu baru boleh tugas-tugas Pilihan/Akhir. Ini semua berjilid.

Yang paling banyak menggambar adalah jurusan Arsitektur. Ada berjenjang tugas Studio, yang benar-benar ketat, sangat berjilid. Tentu saja harus ada pelajaran tentang perancangan yang harus menyertakan keindahan estetika, tanpa mengurangi fungsi bangunan.

Akhirnya, setelah mengetahui penjelasan tersebut, si remaja mulai berubah pikiran. Mungkin dia akan lebih cocok untuk memasuki jurusan Fisika, bahkan dia mulai tertarik dengan Fisika Nuklir. Mungkin saja itu cocok, karena dia mempunyai cukup kekuatan atau keunggulan di bidang matematika dan fisika.

Jadi fokus akan keinginan dan hasrat atau cita-cita memang penting, namun harus juga membaca kemampuan diri sendiri. Hasrat tanpa cukup bakat mungkin akan dapat membuat seorang berhasil, namun jika hasrat dan minat yang dibekali dengan bakat yang sesuai yang terus diasah, adalah kondisi yang sangat baik.

Tidak ada komentar: